PEMILIHAN CALON KETUA OSIS SMA NEGERI 2 SURAKARTA

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Negeri 2 Surakarta menyelenggarakan pemilihan Umum Ketua OSIS periode 2017/2018, pemilihan ini diadakan sesuai dengan tata cara pemilihan kepala daerah (Pilkada) ataupun pemilihan Presiden di Indonesia yaitu dengan pencoblosan secara langsung.Kegiatan yang dilaksanakan Senin (21/08) ini menganut sistem dari siswa, oleh siswa, untuk siswa. Prinsip demokrasi ini diterapkan dalam pemilihan ketua OSIS yang diharapkan dapat memberikan pelajaran untuk menggunakan hak yang dimiliki secara bertanggung jawab.

Pemilihan Ketua OSIS ini cukup menarik, karena sebelum pencoblosan, dua calon yang bertarung yaitu Zahra Nadia (XI IPS 5) + Muhammad Hendar B.S (XI IPA 3) dan Angelo Dilorenzo (XI IPA 4) + Dimas Kinasih Pamukti (XI IPA 3) melakukan orasi serta menyampaikan visi dan misi yang akan dilaksanakan satu tahun kedepan dalam memimpin OSIS.

Setiap siswa bergantian memberikan hak suaranya di mulai dari kelas X sampai dengan kelas XII, sehingga proses kegiatan belajar mengajar (KBM) tetap dapat berjalan dengan baik. Untuk memberikan hak suara tersedia beberapa bilik suara bagi pemilih, sehingga pemilihan ketua OSIS dijamin kerahasiannya.

Pelaksanaan Pemilihan Ketua OSIS dengan menggunakan sistem pemilu ini merupakan sebuah proses pembelajaran demokrasi secara langsung bagi seluruh siswa. Sehingga kedepannya saat menghadapi Pemilu para siswa tidak canggung lagi, karena telah memiliki pengalaman pada saat di sekolah. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan menanamkan sikap jujur dan sportif bagi setiap siswa. Bagi kandidat yang bersaing diharapkan dapat menerima apapun hasil yang diperoleh dalam proses pemilihan yang dilaksanakan. Selain itu Ketua OSIS yang nantinya terpilih diharapkan mampu menjadi sosok yang bisa memimpin dan memberikan contoh yang baik bagi temannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *