PENYEMBELIHAN HEWAN KURBAN DI SMA NEGERI 2 SURAKARTA

Hari ini, Sabtu 02 September 2017 SMA Negeri 2 Surakarta menyembelih hewan kurban. Hewan yang disembelih yaitu dua ekor sapi dan lima ekor kambing, dimana satu sapi adalah hewan kurban dari tujuh Bapak/Ibu guru dan satu sapi dari iuran siswa sebagai wujud latihan berkurban. Sedangkan lima ekor kambing berasal dari salah satu siswa kelas X IPA 3 (satu ekor) dan empat ekor lainnya berasal dari iuran siswa (latihan berkurban)

Pelaksanaan ibadah menyembelih hewan kurban meneladani kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Kita juga sering mendengarkan atau membaca cerita tentang Beliau. akan tetapi sebenarnya apa makna yang terkandung dalam ibadah kurban tersebut?

  1. Pertama : Hubungan Manusia dengan Tuhannya
  2. Bahwa kita senantiasa diingatkan oleh Allah SWT bahwa harta, ternak, keluarga yang kita miliki adalah milik Allah SWT. Jadi kita harus siap bilamana Allah SWT ingin mengambil hak miliknya. Dengan berkurban kita belajar untuk ikhlas dan sadar bahwa kita suatu saat akan kehilangan sesuatu yang kita cintai, baik itu harta, ternak, keluarga, atau orang tua.

  3. Kedua : Hubungan Manusia dengan Manusia
  4. Dengan menyembelih binatang ternak dan membagikan daging kepada yang membutuhkan itu berarti Allah SWT mengingatkan, bahwa di antara kita ternyata banyak yang membutuhkan bantuan kita, membutuhkan uluran tangan kita, memupuk jiwa sosial kita, dan mempererat tali persaudaraan antara yang berkurban dan yang menerima kurban.

  5. Ketiga : Hubungan Manusia dengan Hatinya.

    Makna yang terdalam dari menyembelih binatang tidak hanya pekikan takbir atau menyembelih, atau sekedar bagi bagi daging, tetapi yang lebih dalam lagi adalah kita diingatkan untuk turut menyembelih, menghilangkan, bahkan membuang sifat kebinatangan yang ada pada diri kita. Mungkin kita tidak merasa memiliki sifat seperti binatang, tetapi memiliki perilaku lain yang tanpa kita sadari terdapat pada binatang, yaitu sifat serakah, sifat tidak pernah kenyang, sifat tidak peduli dengan kiri kanan. Tetangga kita sakit kita tidak peduli, tetangga kita lagi sedih/ susah kita tidak peduli, yang paling parah lagi bila ada tetangga yang meninggal kita pergi ke mall 😀 😀 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *