Gerakan Menulis Buku Indonesia merupakan program yang digagas dan dikembangkan oleh anak-anak muda Indonesia sebagai wujud kepedulian dalam memaju-hebatkan budaya literasi tanah air tercinta kita. Melalui program yang dipersembahkan untuk seluruh kalangan lintas profesi dan lintas usia ini, bersama Anda, kami ingin mengajak siapapun merasakan pengalaman membaca, menulis, berpikir, berdonasi dan berdiskusi secara lebih segar, menyenangkan, mudah, menguntungkan, cepat sekaligus dekat.

Melalui program yang berskala nasional ini, Tim GMB-Indonesia (Gerakan Menulis Buku Indonesia) bahu-membahu dengan pihak-pihak terkait, semisal: Dikpora, Disbudpar, Diskominfo, sekolah, MGMP, komunitas, universitas, Unit Kegiatan Mahasiswa, Perpustakaan, SM3T, KKN, dan lainnya, untuk meningkatkan sekaligus mengembangkan minat, kompetensi, empati dan prestasi bangsa Indonesia melalui jalur literasi.

Tujuan utama diselenggarakannya Gerakan Menulis Buku Indonesia adalah sebagai upaya menyiapkan generasi emas Indonesia pada 2025, dengan cara meningkatkan minat belajar, kompetensi, produktivitas karya dan gagasan, serta kepedulian pada bangsa melalui penanaman budaya literasi (membaca, berpikir dan menulis) pada masyarakat Indonesia.

Penyelenggaraan event-event berhadiah jutaan rupiah difungsikan sebagai pemantik minat masyarakat. Layanan publikasi karya (penerbitan buku dan pemuatan di majalah GARISBAWAH) yang mudah dan gratis, diberdayakan untuk memicu keaktifan dan produktifitas berkarya. Sedangkan workshop, kelas menulis online dan seminar-seminar disajikan untuk menempa kompetensi berkarya. Lalu, aksi donasi buku, sengaja digelar untuk mengasah kepedulian pada sesama sekaligus mengampanyekan semangat membaca dan berkarya ke seluruh penjuru nusantara.

Dari hari ke hari, Tim GMB-Indonesia seperti tidak pernah tahu caranya untuk berhenti berkembang. Karena cita-cita menyalakan masa depan bangsa, adalah cita-cita yang tak kan henti-hentinya kami perjuangkan. Dan kami paham, bahwa cita-cita tersebut sungguh sulit untuk diwujudkan. Oleh karenanya, kami membutuhkan kontribusi Anda. Berhenti berkabung, ayo bergabung!

VISI

Menjadi “Pusat Literasi Indonesia” yang dapat memberikan pengalaman spesial dalam berliterasi di setiap rumah yang tumbuh di atas Bumi Pertiwi, dalam rangka menyiapkan masa depan Indonesia yang menyala dari generasi ke generasi.

MISI (DASACITA)

  • Menjadi Pusat Literasi Indonesia yang terbaik sejak 2025
  • Mendukung kemajuan instansi-instansi pendidikan serta komunitas formal dan non-formal melalui pengembangan literasi
  • Menyinergikan dan menginisiasi kegiatan-kegiatan literesi untuk mendukung kemajuan Indonesia di bidang pendidikan, sosial, lingkungan, budaya, pariwisata, kesehatan, ekonomi dan politik
  • Menyiapkan manusia-manusia dengan intelektualitas dan karakter yang unggul dari generasi ke generasi
  • Mendonasikan buku secara tepat guna ke seluruh Indonesia
  • Melahirkan dan mengembangkan bibit penulis, peneliti, penggagas dan aktivis yang berpikir global, memiliki kepedulian dan mampu memberdayakan lingkungan.
  • Mendorong Indonesia masuk 5 besar sebagai negara dengan budaya baca-tulis terbaik di dunia
  • Gerakan Menulis Buku Indonesia Go International
  • Gerakan Menulis Buku Indonesia Go Government
  • Komunitas GMB-Indonesia tumbuh dan berkembang di 33 Provinsi

Sumber : gmb-indonesia.com

Mari berbagi...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *