Hari ini Senin, 19 Agustus 2019 SMA Negeri 2 Surakarta mengadakan kegiatan Pemilihan Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS Tahun Pelajaran 2019/2020. Ada dua pasang calon yang dipilih dalam kegiatan demokrasi ini , pasangan calon nomor urut 1 adalah Irene Luzca Tishanya Sarinastiti dan Ardhika Tiyo Saputra, sedangkan pasangan calon nomor urut 2 adalah Daiva Dahayu Kharisma Shaky dan Adventio Diyar Prihardianto.

Kegiatan Pemilihan ketua OSIS ini dibuka oleh KPUD Kota Surakarta sebagai salah satu bentuk pembelajaran tentang tatacara berdemokrasi. Pada acara pembukaan seluruh siswa dan guru berkumpul di loby sekolah untuk mendengarkan sambutan dari KPUD Kota Surakarta. Selanjutnya siswa kembali ke kelas untuk melanjutkan KBM. Pemungutan suara dilakukan secara bergiliran setiap kelas. Kelas yang mendapat giliran, menuju ke loby sekolah, siswa yang sudah atau belum mendapat giliran menunggu di kelas diisi dengan KBM. Hal ini dilakukan agar KBM tetap berjalan.

OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) merupakan satu-satunya organisasi kesiswaan yang berada di lingkungan sekolah. Tujuan didirikannya OSIS adalah untuk melatih siswa dalam berorganisasi dengan baik dan menjalankan kegiatan sekolah yang berhubungan dengan siswa.Sebagai satu-satunya wadah organisasi siswa di sekolah untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan kesiswaan yang selaras dengan visi misi sekolah maka organisasi ini bersifat intra sekolah, artinya tidak ada hubungan organisatoris dengan OSIS di sekolah lain, dan tidak menjadi bagian dari organisasi lain yang ada di luar sekolah. Karena OSIS sendiri merupakan wadah organisasi siswa di sekolah. Oleh karena itu setiap siswa secara otomatis menjadi anggota OSIS. Keanggotaan itu secara otomatis berakhir dengan keluarnya siswa dari sekolah yang bersangkutan.

Mari berbagi...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *