Ulangan Akhir Semester atau Ulangan Kenaikan Kelas merupakan tahapan bentuk penilaian yang dilakukan di semester genap. Akan tetapi mulai tahun 2016 Istilah Ulangan Akhir Semester Genap berubah menjadi Penilaian Akhir Tahun disingkat PAT. Hal ini didasarkan pada Permendikbud No. 23 tahun 2016 dan Panduan Penilaian dari Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2016 bahwa Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dilakukan dalam bentuk penilaian akhir semester, penilaian akhir tahun, dan ujian sekolah.

Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah kegiatan yang dilakukan di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akhir semester genap. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester genap. Hasil penilaian akhir tahun selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik. Hasil penilaian ini dapat dimanfaatkan antara lainuntuk pengisian rapor>

PAT di SMA Negeri 2 Surakarta pada Tahun Pelajaran 2019/2020 dilaksanakan selama 16 hari mulai tanggal 11 Mei 2020 sd 05 Juni 2020 pukul 08.00-10.00 WIB setiap harinya. PAT dilaksanakan secara online menggunakan server Moodle 3.2 theme lambda 1.44. PAT dilaksanakan secara online karena saat ini di Indonesia masih dalam status darurat Covid-19. Untuk mencegah penyebaran Covid-19 maka siswa-siswi belum diperkenankan masuk sekolah. Mereka mengerjakan soal PAT di rumah secara online menggunakan HP atau laptop.

Mari berbagi...

2 thoughts on “PENILAIAN AKHIR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *